Dapur dan Kompor adalah dua hal paling sibuk selama Lebaran. Keduanya adalah kunci untuk mempersiapkan berbagai jenis sajian makanan untuk Lebaran. Namun, sayangnya setelah itu pada umumnya yang terjadi ialah kondisi dapur serta kompor sangat berantakan dan kotor.

Tidak perlu pusing atau bingung untuk mengatasi masalah tersebut. Mengutip laman Boldsky, setidaknya ada tujuh cara membersihkan dapur dan kompor setelah memasak. Berikut tips nya.

#Amonia
Di sini yang harus Anda lakukan adalah melepaskan alat pembakar pada kompor yang dapat dilepas dan memindahkannya ke tas dengan risleting. Tambahkan amonia murni dan biarkan semalam. Setelah selesai, keluarkan dari tas keesokan harinya dan kompor akan kembali berkilau.

#Baking soda dan hidrogen peroksida
Pada metode ini, awalnya yang harus dilakukan adalah membersihkan kompor dengan membuang segala jenis kotoran dari permukaan. Setelah selesai, taburkan permukaan dengan baking soda dan kemudian tambahkan hidrogen peroksida. Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu sampai serbuk mengering dan memecah semua noda yang sulit dibersikan. Bilas permukaan dengan air keran. Sebaiknya, tunggu permukaan mengering sebelum menggunakannya.

#Air mendidih
Metode ini tidak memerlukan penggunaan bahan kimia khusus. Yang harus Anda lakukan adalah dengan hati-hati menuangkan air mendidih ke seluruh permukaan. Setelah selesai, biarkan air dingin sampai kompor terlihat bersih. Untuk hasil lebih baik, Anda bisa menggunakan sedikit sabun pada spons.

#Sabun cuci piring dan soda kue
Ambil mangkuk kecil dan tambahkan porsi sabun cuci piring dan soda kue ke dalamnya. Campur isinya dengan baik dan gunakan spons yang dicelupkan ke dalamnya untuk membersihkan kompor. Jangan simpan campuran yang telah disiapkan dan pastikan untuk menggunakannya segera setelah disiapkan. Jika Anda memiliki beberapa campuran ekstra, pastikan membuangnya setelah selesai membersihkan sebab kandungan dari campuran ini menjadi beracun jika terkena udara untuk durasi yang lama.

#Pisau cukur
Di sini Anda perlu memegang silet dengan sudut ke kompor dan mengikis sisa kotoran. Setelah selesai dikerok, Anda bisa menghapusnya dengan spons yang dicelupkan ke dalam air. Namun, pastikan Anda benar-benar berhati-hati saat melakukannya. Jika tidak, Anda mungkin akan meninggalkan goresan pada kompor.

#Garam dan baking soda
Anda harus menyiapkan pasta dari masing-masing satu sendok makan air, soda kue, dan garam. Pastikan semua bahan tercampur dengan baik. Setelah selesai, celupkan lap ke dalam campuran dan gunakan untuk menghilangkan noda. Metode ini adalah salah satu yang paling efektif untuk membersihkan kompor dan juga bekerja dengan baik di atas kap kompor, yang biasanya merupakan bagian paling kotor dari kompor. Keuntungan lain adalah kenyataan bahwa metode ini tidak memerlukan upaya menggosok.

#Cuka
Anda memerlukan botol semprot yang tidak terpakai dan mengisinya dengan cuka putih sepertiga dan air dua per tiga. Kuncinya adalah keasaman cuka yang memainkan peran yang sangat baik dalam menghilangkan semua kotoran. Semprotkan larutan di atas kompor. Diamkan selama beberapa menit, dan kompor akan kembali bersih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here