Pillarrepublik.id – Bertempat di Alun Alun Kota Bekasi, di atas panggung yang megah dengan disaksikan ratusan pramuka sekota Bekasi mulai tingkat Siaga hingga Tingkat Pandega serta masyarakat yang membanjiri lokasi kegiatan Pesta Pramuka Jelajah Budaya dan Sejarah Kota Bekasi dalam rangka HUT Kota Bekasi ke 21, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bekerjasama dengan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bekasi menginisiasi event akbar tersebut dengan mendatangkan Tokoh Masyarakat dan Budayawan Kondang Kota Bekasi sebagai Narasumber dalam Kongkow Budaya siang hari tersebut sebagai acara puncaknya.

Budayawan Bekasi Aki Maja, penerima Satya Lencana Karyasatya dari Presiden Joko Widodo, Narasumber Budaya Provinsi Jawa Barat, Narasumber Sejarah Budaya Kota Bekasi, yang dikenal juga sebagai Kreator Film dan sinetron, Penulis Novel Betawi serta Penyiar dan Presenter Kongkow Televisi didapuk sebagai pembicara untuk menjelaskan sekelumit sejarah yang berhubungan dengan Bekasi serta budaya Bekasi yang menjadi ikon kota Patriot tersebut.

Sementara itu Budayawan Engkong Usman, penerima Satya Lencana Karyasatya dari Presiden Joko Widodo, Narasumber Budaya Provinsi Jawa Barat, Narasumber Budaya Kota Bekasi, Pusat Kajian Budaya, Dewan Kesenian Bekasi, Penulis Buku, Organisatoris menguraikan tentang Perabotan Masyarakat Bekasi, Seni Tradisional Ujungan serta Permainan Tradisional Bekasi. Tidak ketinggalan Ratu Topeng Mpok Karlin – maskotnya Topeng Betawi diminta menceritakan sejarah dan asal usul topeng Betawi. Tidak sampai disitu, beliaupun didaulat untuk menari dan bernyanyi lagu khas Betawi.

Lagu Ayam Jago menjadi lagu andalan yang cukup menyedot masyarakat dan peserta untuk ikut bernyanyi dan menari. Tokoh publik lainnya, Kang Yana Suptiana yang notabene Ketua PGRI Kota Bekasi sekaligus Wakil Ketua 1 Kwarcab Kota Bekasi didaulat untuk menyampaikan pesan tentang Penguatan Pendidikan Karakter Bangsa, Asdi Bachtiar menjelaskan tentang Tokoh- Tokoh Pramuka Kota Bekasi. Sementara itu Prayitno Salim – sebagai Tokoh Pendatang yang sudah mengakui cinta mati dengan Bekasi membahas tentang berbagai kenangan indah dan menyenangkan selama tinggal di Bekasi mulai dari Budaya, Kuliner serta Permainan masyarakat Bekasi yang membuat dirinya betah dan nyaman.

Acara Kongkow Siang Bolong berjalan cukup meriah dan semangat karena dipandu langsung oleh tiga MC kesohor yaitu, Mpok Maisaroh, Bang Oman Abdurahman dan Kang Dedi Supriadi. Ada sesi doorprize yang membuat peserta antusias dan terus bertahan meskipun suasana sedikit panas dan menyengat. Budayawan Aki Maja membagikan Novel Semur Jengkol Cinta Made In Belanda yang baru saja rilis dan segera difilmkan sebagai cinderamata bagi peserta yang berhasil menjawab pertanyaan MC. Sedangkan Engkong Usman memberikan Buku Terbarunya Perabotan Masyarakat Bekasi. Pemateri lainnya memberikan tips dan uang jajan bagi peserta yang berhasil menjawab dengan tepat.

Antusiasme peserta dan pengunjung cukup terjaga bahkan mereka meminta jika tahun depan diadakan kegiatan sejenis yang lebih seru dengan mendatangkan tokoh-tokoh dan figure budayawan agar mereka mendapatkan pencerahan sejarah dan budaya tentang kota yang sangat mereka cintai tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here