Pilarrepublik.id – Anggota komisi V  DPR RI Intan Fitriana Fauzi meminta pemerintah kota Bekasi melalui dinas terkait untuk memperhatikan penataan dan perawatan drainase. Hal ini agar drainase yang sudah dibangun dapat digunakan dengan maksimal.

 

Menurutnya, fungsi dari drainase ini memang begitu penting. Selain untuk mengalirkan air dan menangkal banjir, drainase yang baik akan membuat badan jalan bertahan lebih lama.

“Drainase harus dirawat, kalau ada yang rusak cepat diperbaiki sehingga drainase yang telah dibangun dapat berfungsi dengan baik dan bertahan lama,”. Kata Intan saat ditemui usai menjadi narasumber seminar nasional di kampus Unkris.

 

Sambungnya, saat ini keberadaan drainase dikota Bekasi cukup banyak, hampir semua jalan utama dan jalan lingkungan (jaling) sudah ada drainasenya, namun ada beberapa drainase yang  tidak berfungsi dengan baik, sehingga masih ditemukan jalan-jalan yang tergenang akibat luapan drainase yang tersumbat.

 

“Pemerintah dan masyarakat harus bersinergi dalam upaya merawat infrastruktur seperti jalan dan drainase. Kalau masyarakat melihat ada infrastrur yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik, sebaiknya segera melaporkan ke pemerintah lewat kelurahan atau kecamatan sebagai kepanjangan tangan pemkot, dan pemerintah juga harus meresponnya dengan cepat sehingga permasalahannya cepat selasai,” ucapnya.

 

Apalagi saat memasuki musim hujan, lanjut Intan, permasalahan utama yang dihadapi adalah jalanan yang selalu tergenang air lantaran kondisi drainase banyak yang rusak, tersumbat, maupun yang disebabkan oleh warga itu sendiri.

 

“Merawat infrastruktur ((drainase, red) selain pengawasan dari dinas terkait, yang tidak kalah pentingnya harus ada edukasi masyarakat juga, Kesadaran masyarakat yang bertempat tinggal di pinggir jalan untuk merawat drainase dengan baik juga harus ditingkatkan karena dari banyak drainase yang tersumbat disebabkan oleh limbah rumah tangga. Masyarakat harus dapat membedakan sampah atau limbah mana yang harus disalurkan ke drainase dan mana yang harus dibuang ke bak sampah,” Pungkasnya. (dhit)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here