Pilarrepublik.id – Guna membuat nyaman siswanya, Kepala SMA Negeri 16 Kota Bekasi, Dedi Supriadi sangat kreatif dengan membuat taman payung dihalaman sekolah yang juga berhadapan dengan kantin sekolah. Sekitar seratusan payung dengan beraneka warna dan motif terlihat tergantung menghiasi taman yang berukuran 9×60 meter. Tidak hanya payung, ditaman itu terlihat berjejer bangku taman dan juga ayunan yang membuat taman ini semakin cantik.

“Dibuatnya taman payung  ini merupakan salah satu fasilitas untuk mendukung dalam proses pembelajaran bagi siswa.  Taman di sekolah mempunyai beberapa manfaat, diantaranya adalah, menciptakan sekolah ramah, memperindah lingkungan sekolah dan memberi rasa sejuk karena dikelilingi oleh tanaman yang indah.  Dan juga memberi motivasi belajar kepada para siswa karena dengan lingkungan sekolah yang indah dan sejuk maka para siswa akan merasa betah dan bersemangat untuk belajar,” terang dedi

Lebih lanjut, Dedi mengatakan, dipilihnya media payung sebagai bahan utama taman yang menghiasi sekolahnya,  merupakan dari idenya sendiri yang terinspirasi dari destinasi yang ada dikota malang Jawa Timur.

Kepala SMAN 16 Kota Bekasi, DR. Dedi Supriadi, M.pd

“Setahu saya taman payung seperti ini baru ada dikota Malang Jawa timur dan satu lagi ada di Spanyol, pembuatan taman ini juga benar-benar kita kerjakan bersama guru dan tidak memakai jasa pembuat taman. Karena ini ide saya, jadi harus saya sendiri yang mengerjakan, tentunya dibantu dengan teman-teman guru,” jelasnya.

Selain dihiasi dengan tanaman bunga, lanjutnya, ditaman ini juga terdapat green house, berbagai tanaman obat ada didalam green house yang berukuran 3×3 meter tepat berada disisi taman payung.

“Saya berharap agar siswa dapat merawat dan memelihara taman dan tanaman yang ada di lingkungan sekolah .  Karena taman yang berada di sekolah bisa dimanfaatkan para siswa sebagai tempat untuk belajar, membaca buku, berdiskusi dengan teman, dan lain sebagainya karena tempatnya yang nyaman, indah, dan sejuk.  Sehingga para siswa tidak akan merasa jenuh karena terlalu lama berada di kelas,”.ujarnya.

Sambung Dedi, sejak adanya taman payung yang diresmikan bertepatan dengan hari Pendidikan beberpa bulan lalu, tidak ada lagi siswa yang terlambat masuk sekolah, bahkan dihari libur saja ada siswa yang datang kesekolah.

“Sudah seperti taman rekreasi saja, siswa menjadi betah disekolah, bahkan  kata sekuriti, hari minggu saja ada siswa yang datang bermain ditaman,”.pungkasnya.

siswa SMAN 16 Kota Bekasi menikmati jam istirahat di taman payung

Sementara itu, Anggi, salah satu siswa kelas 12 mengaku sangat seneng dengan adanya taman payung tersebut, bahkan ia juga mengaku tambah semangat pergi kesekolah.

“Seneng bangetlah mas, apalagi tamannya juga bagus. Biasanyakan kalau taman itu Cuma pohon atau bunga aja, tapi disini lebih indah karena ada payungnya. Kalau istirahat cukup ketaman aja, apalagi tamannya juga emang didepan kantin, jadi tambah seru deh,”katanya sambal tertawa. (Dhit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here