Pilarrepublik.id – Perubahan cuaca musim kemarau ke musim hujan atau biasa disebut pancaroba dalam setiap tahunnya selalu diikuti musibah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk ini, kelurahan Jatiluhur melakukan pencegahan dan sekaligus penanggulangan penyakit DBD dengan cara mengadakan Gerakan serentak (Gertak) K3 dan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Lurah Jatiluhur, Siti Sopiah mengatakan, Aksi Gertak dan  pemberantasan sarang nyamuk (PSN)  sasarannya meliputi, lingkungan kantor kelurahan, sekolah dan tempat tinggal warga di 12 RW se kelurahan jatiluhur.

“Gertak PSN  akan kami dilakukan rutin setiap hari jumat, kami bekerjasama degan unsur puskesmas, linmas, PKK kelurahan, kader posyandu, serta seluruh RW dan RT,”. Jelas Sopi.

Lurah Jatiluhur, Siti Sopiah ikut membersihkan saluran

Sopi menambahkan, kegiatan gertak ini tidak hanya diikuti oleh pengurus RT dan RW saja, namun gerakan serentak K3 dan PSN juga diikuti oleh warga  yang ikut berpartisipas menjaga lingkungan.

“Kegiatan Gertak perdana ini kami  laksanakan mulai  hari ini ( jumat, 9/2/2019) dengan titik kumpul di lapangan kelurahan jatiluhur dan diikuti sekitar seratus orang dari berbagai unsur dan juga masyarakat yang secara menyebar di 12 RW sejatiluhur yang telah kami bagi tugas pada saat apel gertak hari ini,”. Terangnya.

Lurah Jatiluhur, Saat melakukan PSN ditempat pengepul barang Bekas

Lebih lanjut, perempuan berhijab ini mengatakan, Sasaran untuk kegiatan Gertak yaitu, rumah warga, saluran, tukang ikan hias, tukang burung dan pengepul barang bekas (rongsokan).

Tidak hanya melakukan K3 dan PSN saja, Dalam kegiatan yang dinamakan Gertak ini, dirinya juga memberikan pemahaman kepada warga dengan cara mensosialisasikan pencegahan perkembangan biakan jentik nyamuk malaria di wilayah RW 05  yang memang sudah ada warganya yang terkena DBD

“Kami juga melakukan sosialisasi cara mencegah penyakit DBD, salah satunya dengan cara melakukan 3M. Alhamdulillah warga mengerti apa yang kami sampaikan bahkan mereka (warga,red) akan melakukan PSN juga di rumah dan lingkungan masing-masing,”. Katanya.

Lurah Jatiluhur Siti Sopiah, mensosialisasikan cara mencegah DBD

Sopi berharap, pasca diadakannya Gerakan serentak ini, warganya lebih memperhatikan kebersihan rumah dan lingkungannnya dengan cara tidak membiarkan ada genangan air pada kaleng-kaleng bekas yang dapat menjadi sarang nyamuk.

“Karena sehat itu sangatlah penting, untuk itu kami menghimbau agar warga selalu menjaga kesehatan salah satunya dengan cara menjaga lingkungannya agar selalu bersih. Kesehatan itu diawali dengan bersih rumah, bersih lingkungan dan menjaga pola hidup sehat,”. Pungkasnya. (Dhit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here